1.
Adventure shopping, adalah dimana pembelinya merasa senang
belanja di suatu pasar dan seperti sedang melakukan petualangan dalam mencari
kebutuhan yang diinginkan.
2.
Social shopping, adalah
konsumen berbelanja di suatu pasar serta pasar tersebut dijadikan
sebagai tempat berkumpul keluarga oleh pembeli, dimana mereka bisa bersantai
dengan keluarga dan teman-teman di pasar ini. Konsumen juga bisa merasakan
kenikmatan berbelanja, merasakan interaksi sosial saat berbelanja dan ikatan
saat berbelanja dengan orang lain.
3.
Gratification shooping, adalah dimana seseorang belanja untuk
menghilangkan stres yang dihadapinya, ia juga belanja untuk meringankan suasana
hati yang negatif atau mood yang kurang baik dan ia belanja untuk kesenangan
dirinya sendiri dan menganggap berbelanja adalah hadiah untuk dirinya.
4.
Idea shopping, adalah dimana konsumen berbelanja karena untuk
mengikuti tren dan fahion atau melihat produk baru sehingga ada motivasi dari
dalam dirinya untuk memiliki produk tersebut . motivasi ini berhubungan dengan
kategorisasi dan objektifitas kebutuhan. Misalnya seorang konsumen selalu
mengikuti perkembangan gadget terbaru dan ia membelinya.
5.
Role shopping, adalah konsumen merasakan kenikmatan dari
berbelanja sesuatu yang akan diberikan kepada orang lain dan berhubungan dengan
motivasi identifikasi. Misalnya seseorang yang suka membeli hadiah untuk orang
lain, hal ini membuatnya merasa lebih baik, gembira dan sangat senang.
6.
Value shopping, adalah konsumen berbelanja karena ada sales,
diskon dan berburu barang dengan harga yang ditawarkan oleh konsumen tersebut.
No comments:
Post a Comment