Friday, 6 January 2017

Enam aspek Hedonies Shopping Motives

1.      Adventure shopping, adalah dimana pembelinya merasa senang belanja di suatu pasar dan seperti sedang melakukan petualangan dalam mencari kebutuhan yang diinginkan.

2.      Social shopping, adalah  konsumen berbelanja di suatu pasar serta pasar tersebut dijadikan sebagai tempat berkumpul keluarga oleh pembeli, dimana mereka bisa bersantai dengan keluarga dan teman-teman di pasar ini. Konsumen juga bisa merasakan kenikmatan berbelanja, merasakan interaksi sosial saat berbelanja dan ikatan saat berbelanja dengan orang lain.

3.      Gratification shooping, adalah dimana seseorang belanja untuk menghilangkan stres yang dihadapinya, ia juga belanja untuk meringankan suasana hati yang negatif atau mood yang kurang baik dan ia belanja untuk kesenangan dirinya sendiri dan menganggap berbelanja adalah hadiah untuk dirinya.

4.      Idea shopping, adalah dimana konsumen berbelanja karena untuk mengikuti tren dan fahion atau melihat produk baru sehingga ada motivasi dari dalam dirinya untuk memiliki produk tersebut . motivasi ini berhubungan dengan kategorisasi dan objektifitas kebutuhan. Misalnya seorang konsumen selalu mengikuti perkembangan gadget terbaru dan ia membelinya.

5.      Role shopping, adalah konsumen merasakan kenikmatan dari berbelanja sesuatu yang akan diberikan kepada orang lain dan berhubungan dengan motivasi identifikasi. Misalnya seseorang yang suka membeli hadiah untuk orang lain, hal ini membuatnya merasa lebih baik, gembira dan sangat senang.


6.      Value shopping, adalah konsumen berbelanja karena ada sales, diskon dan berburu barang dengan harga yang ditawarkan oleh konsumen tersebut.

No comments:

Post a Comment

Tahun yang Menantang dan Penuh Perjuangan

 30 Desember 2020, Seperti tahun sebelumnya, ku sempatkan menulis cerita singkat mengenai perjalanan hidupku sepanjang tahun tersebut. Tahun...