Friday, 6 January 2017

Word of Mouth Marketing, Tingkatkan Pengguna GOJEK Indonesia di Kota Bandung



Word of Mouth Marketing (WoMM) merupakan bentuk strategi komunikasi pemasaran yang sangat sederhana namun memberikan dampak yang luar biasa bagi produk yang dipasarkan. Kenapa demikian? Alasannya sangat sederhana, yaitu:

“If happy customers are your best advertisers. If people like you and like what you do, they will tell their friends”.
(bangwinissimo.com)

Word of Mouth Marketing adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh konsumen produk tersebut kemudian membicarakan tentang produk kepada temannya atau orang lain. Pada pembicaraan tersebut, konsumen telah merasa puas atas produk yang dibicarakannya. Percakapan yang terjadi antara konsumen dengan orang lain tersebut terjadi secara alami, tanpa dipaksa dan bergulir pada konteksnya.
Seseorang akan menceritakan apa yang menurutnya menarik, memberikan kesenangan atau kepuasan. Alasan inilah yang menjadi dasar Word of Mouth Marketing. Konsumen yang senang atau puas dengan suatu produk maka akan menceritakan kesenangan tersebut ke orang lain. Sehingga orang lain akan tertarik dan tidak menutup kemungkinan orang tersebut juga ikut membeli produk yang dibicarakan. Begitulah seterusnya hingga konsumen produk tersebut terus bertambah.
Kasus Word Of Mouth Marketing telah banyak menarik perhatian konsumen suatu produk sehingga menjadi salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang diandalkan oleh perusahaan. Salah satu perusahaan di Indonesia yang mengikuti bentuk strategi komunikasi pemasaran ini adalah PT GOJEK Indonesia.
Perusahaan PT GOJEK Indonesia adalah sebuah perusahaan baru yang memberikan layanan jasa ojek online, kurir online, dan delivery dengan menggunakan aplikasi pada smartphone. Belum lama berdiri perusahaan ojek online ini telah banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Karena kemudahan akses dan layanan ojek yang cepat dibandingkan dengan alat trasportasi lain, apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung yang terkenal dengan kemacetannya. Dengan ojek online ini, masyarakat mendapatkan pelayanan yang cepat, mudah dan aman.
Gojek memiliki kekuatan pada aplikasi yang terpasang dan dapat diunduh pada smartphone. Sangat sederhana cukup men-download aplikasi Gojek di Smartphone, kita telah bisa mendapatkan jasa-jasa yang ditawarkan Gojek secara mudah. Seperti GO-Driver, GO-Food, GO-Box, GO-Mart dan lain sebagainya. Gojek melakukan WoMM untuk menarik pelanggannya dengan cara promosi harga Rp 10.000 pada pertengahan tahun 2015 silam. Cukup dengan membayar Rp 10.000 pelanggan dapat menikmati GO-Driver di kota Bandung dengan maksimal jarak tempuh 25 Km. Namun sebelumnya, pelanggan Gojek yang baru menginstall aplikasi tersebut dapat meminta kode Gojek dari teman sebelumnya yang telah menginstall aplikasi Gojek. Kode Gojek kemudian dapat diinput pada akun Gojek kita sehingga kita bisa mendapatkan vocher Rp 50.000 secara cuma-cuma. Kemudian, untuk mendapatkan voucher Rp 50.000 lagi, cukup dengan men-share kode gojek ke teman-teman kita, maka setelah teman tersebut menggunakan jasa Gojek kita akan mendapatkan vocher Rp 50.000 lagi. Vocher gratis tersebut dapat digunakan untuk seluruh layanan Gojek pada saat promosi.
Semakin banyak pelanggan yang men-share, maka semakin banyak pula aplikasi Gojek diunduh. Secara otomatis, semakin banyak pulalah pengguna jasa Gojek tersebut. Sangat sederhana sekali, perusahaan tidak perlu mengeluarkan dana yang banyak dan tenaga ekstra untuk membuat iklan dan promosi. Cukup dengan mengatur strategi WoMM dan memanfaatkan pelanggan, perusahaan bisa mendapatkan pelanggan baru yang potensial dengan mudah.

Mayrisa Anggun Utami (1204122143)

No comments:

Post a Comment

Tahun yang Menantang dan Penuh Perjuangan

 30 Desember 2020, Seperti tahun sebelumnya, ku sempatkan menulis cerita singkat mengenai perjalanan hidupku sepanjang tahun tersebut. Tahun...