Word
of Mouth Marketing (WoMM) merupakan bentuk strategi
komunikasi pemasaran yang sangat sederhana namun memberikan dampak yang luar
biasa bagi produk yang dipasarkan. Kenapa demikian? Alasannya sangat sederhana,
yaitu:
“If
happy customers are your best advertisers. If people like you and like what you
do, they will tell their friends”.
(bangwinissimo.com)
Word
of Mouth Marketing adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran
yang dilakukan oleh konsumen produk tersebut kemudian membicarakan tentang
produk kepada temannya atau orang lain. Pada pembicaraan tersebut, konsumen
telah merasa puas atas produk yang dibicarakannya. Percakapan yang terjadi
antara konsumen dengan orang lain tersebut terjadi secara alami, tanpa dipaksa
dan bergulir pada konteksnya.
Seseorang akan
menceritakan apa yang menurutnya menarik, memberikan kesenangan atau kepuasan. Alasan
inilah yang menjadi dasar Word of Mouth
Marketing. Konsumen yang senang atau puas dengan suatu produk maka akan
menceritakan kesenangan tersebut ke orang lain. Sehingga orang lain akan
tertarik dan tidak menutup kemungkinan orang tersebut juga ikut membeli produk
yang dibicarakan. Begitulah seterusnya hingga konsumen produk tersebut terus
bertambah.
Kasus Word Of Mouth Marketing telah banyak
menarik perhatian konsumen suatu produk sehingga menjadi salah satu bentuk
komunikasi pemasaran yang diandalkan oleh perusahaan. Salah satu perusahaan di
Indonesia yang mengikuti bentuk strategi komunikasi pemasaran ini adalah PT
GOJEK Indonesia.
Perusahaan PT GOJEK
Indonesia adalah sebuah perusahaan baru yang memberikan layanan jasa ojek online, kurir online, dan delivery
dengan menggunakan aplikasi pada smartphone.
Belum lama berdiri perusahaan ojek online
ini telah banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Karena kemudahan akses dan
layanan ojek yang cepat dibandingkan dengan alat trasportasi lain, apalagi di
kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung yang terkenal dengan kemacetannya.
Dengan ojek online ini, masyarakat
mendapatkan pelayanan yang cepat, mudah dan aman.
Gojek memiliki kekuatan
pada aplikasi yang terpasang dan dapat diunduh pada smartphone. Sangat sederhana cukup men-download aplikasi Gojek di Smartphone,
kita telah bisa mendapatkan jasa-jasa yang ditawarkan Gojek secara mudah.
Seperti GO-Driver, GO-Food, GO-Box, GO-Mart dan lain sebagainya. Gojek
melakukan WoMM untuk menarik pelanggannya dengan cara promosi harga Rp 10.000
pada pertengahan tahun 2015 silam. Cukup dengan membayar Rp 10.000 pelanggan
dapat menikmati GO-Driver di kota Bandung dengan maksimal jarak tempuh 25 Km. Namun
sebelumnya, pelanggan Gojek yang baru menginstall aplikasi tersebut dapat
meminta kode Gojek dari teman sebelumnya yang telah menginstall aplikasi Gojek.
Kode Gojek kemudian dapat diinput pada akun Gojek kita sehingga kita bisa mendapatkan
vocher Rp 50.000 secara cuma-cuma. Kemudian, untuk mendapatkan voucher Rp
50.000 lagi, cukup dengan men-share
kode gojek ke teman-teman kita, maka setelah teman tersebut menggunakan jasa
Gojek kita akan mendapatkan vocher Rp 50.000 lagi. Vocher gratis tersebut dapat
digunakan untuk seluruh layanan Gojek pada saat promosi.
Semakin banyak pelanggan
yang men-share, maka semakin banyak
pula aplikasi Gojek diunduh. Secara otomatis, semakin banyak pulalah pengguna
jasa Gojek tersebut. Sangat sederhana sekali, perusahaan tidak perlu
mengeluarkan dana yang banyak dan tenaga ekstra untuk membuat iklan dan
promosi. Cukup dengan mengatur strategi WoMM dan memanfaatkan pelanggan,
perusahaan bisa mendapatkan pelanggan baru yang potensial dengan mudah.
Mayrisa Anggun Utami
(1204122143)
No comments:
Post a Comment