Friday, 6 January 2017

Share Picture pada Media Sosial Instagram, Cara Mudah untuk Menarik Perhatian Pasar

Media sosial adalah sebuah penemuan yang mempermudah manusia dalam berinteraksi dengan sesamanya di era globalisasi ini. Media sosial merupakan pengembangan dari website yang menyediakan fitur social action khusus. Salah satu dari berbagai jenis media sosial yang saat ini populer di kalangan masyarakat dunia adalah Instagram.  Pada Instagram, pemilik akun dapat dengan mudah men-share foto, ataupun video pendek dengan dilengkapi caption atau kutipan yang dapat dimanfaatkan sebagai wadah promosi.
Sumber gambar: http://www.romelteamedia.com/
Mengapa para marketer banyak memilih media sosial Instagram sebagai media pemasaran? hampir sebagian besar dari mereka menjawab lebih mudah dan lebih murah. Hal ini benar adanya, karena berbeda dengan memasang iklan pada media tradisional seperti di televise, radio atau majalah yang sangat mahal dan terbatas. Pada iklan tradisional ini marketer bisa menghabiskan banyak biaya namun terkadang hasil yang dicapai tidak sesuai dengan target. Selain kemudahan dan biaya yang relative murah, marketer sebenarnya tidak hanya mempromosikan produk atau memaksa target pasar untuk menggunakan produk, namun yang mereka harapkan adalah dialog interatif antara pemilik akun (marketer atau pemilik produk) dengan target pasarnya. Kenapa demikian? Karena dengan adanya interaksi maka marketer dapat melihat seberapa aware kah target pasar terhadap iklan mereka.

Banyak alasan dari penggunaan Instagram sebagai media marketing. Pemilik akun akan lebih mudah membangun link yang nantinya mendukung sebuah usaha SEO. Di mana saat pemilik akun melampirkan situs web dari produknya maka target pasar akan tertarik untuk membuka link tersebut, sehingga akan meningkatkan pengunjung dari web tersebut. Tentu saja ini akan menguntungkan bagi pemilik akun atau web. Konten yang di-share pada media sosial Instagram akan menarik perhatian targetnya. Karena selain mengandalkan kekuatan visual, Instagram juga tidak jarang ditambahi hashtag (#) dan menandai (tag) akun-akun yang terlibat. Sehingga picture yang dishare akan menghasilkan electronic Word of Mouth Marketing (eWoMM) dan dibicarakan oleh para user media sosial tersebut. Melalui strategy marketing ini tentu saja image positif dari produk yang dipromosikan melalui Instagram tersebut tercipta dengan mudahnya.


Pada akun @dewisandara diatas, pemilik akun memposting sebuah poster yang tidak lain adalah sebuah produk berupa film. Pada caption pemilik akun yaitu Dewi Sandra menambahkan hastag #AIRMATASURGA dan link youtube serta waktu penayangan film. Ini artinya dengan caption tersebut Pemilik Akun telah mempromosikan produknya kepada target pasar. Serta dengan adanya hastag akan memperluas target pasar dari produk. Selain itu link youtube tentu saja akan dibuka oleh pengguna media sosial lain sehingga menambah penonton dari postingan tersebut. Dapat dilihat dari beberapa komentar di foto, banyak pengguna lain yang antusias dan menyatakan tidak sabar ingin segera menyaksikan film tersebut. Dari komentar dan like kita dapat melihat bagaimana reaksi target pasar saat melihat poster ini, tentu saja tidak sedikit dari mereka yang akan membangun eWoMM. Sangat mudah dan gampang bukan?

No comments:

Post a Comment

Tahun yang Menantang dan Penuh Perjuangan

 30 Desember 2020, Seperti tahun sebelumnya, ku sempatkan menulis cerita singkat mengenai perjalanan hidupku sepanjang tahun tersebut. Tahun...