A.
Marketing Mix Prudential Insurance
1.
Produk
a.
Proteksi merupakan
produk asuransi yang ditawarkan khusus untuk penjagaan jaminan keselamatan dan
jiwa yang dapat terbagi menjadi :
-
PRUuniversal Life ( Produk asuransi Prudential ini meliputi perlindungan asuransi jiwa
dengan profil risiko investasi yang rendah dan memang dirancang bagi Anda dalam
semua tahap kehidupan)
-
PRUlife Cover (Produk asuransi jiwa dari Asuransi Prudential yang memberikan
perlindungan apabila meninggal dunia sebelum masa perlindungan dari PRUlife
Cover habis.)
-
PRUprotector Plan (Produk asuransi jiwa dari Prudential yang berjangka waktu panjang.
Merupakan kombinasi antara proteksi dan investasi yang menjamin Anda dan
keluarga dari segala kemungkinan yang terjadi.)
-
PRUaccident Plus (Produk asuransi ini merupakan asuransi kecelakaan untuk perlindungan
dari cacat total dan meninggal akibat kecelakaan.)
-
PRUhospital Care (Produk asuransi Prudential ini menjamin Anda apabila harus rawat inap di
rumah sakit atau menjalani Perawatan di Unit Gawat Darurat dan operasi bedah.)
b. Asuransi
Terkait Investasi merupakan produk asuransi yang menyediakan layanan masyarakat
untuk berinvestasi yang dikelolah dengan berbagai bentuk seperti :
-
PRUlink assurance account (Produk asuransi Prudential ini merupakan salah satu investasi yang unik
karena ada fleksibilitas bagi Anda yang ingin menggunakan satu atau enam jenis
produk Asuransi Prudential atau juga kombinasinya.)
-
PRUlink syariah assurance account (produk asuransi Prudential dalam bentuk investasi
syariah. Hampir sama dengan PRUlink assurance account, Anda memiliki
fleksibilitas untuk melakukan perubahan proteksi, investasi dan pembayaran
sesuai dengan kebutuhan kita.)
-
PRUlink investor account (Produk unit link asuransi Prudential ini difokuskan kepada investasi
untuk mengoptimalkan kebutuhan keuangan Anda dan keluarga di masa sekarang dan
masa depan.)
-
PRUlink syariah investor account (Produk unit link asuransi Prudential ini merupakan
produk asuransi terkait investasi yang sesuai dengan kaidah-kaidah Syariah.
Anda pun memiliki fleksibilitas untuk melakukan penambahan investasi dan
pilihannya.)
-
PRUlink fixed pay (produk unit link yang paling baru dari Asuransi Prudential yang
menawarkan fleksibilitas sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidup Anda di setiap
tahap kehidupan.)
-
Prulink
Assurance Account (Produk asuransi jiwa yang digabungkan dengan investasi yang
memberikan perlindungan asuransi jiwa sekaligus keuntungan berinvestasi dan
juga telah dirancang untuk memberikan fleksibilitas dalam memenuhi kebutuhan
dalam setiap tahapan kehidupan Anda.)
c. Asuransi
Tambahan merupakan produk asuransi yang disediakan untuk pelayanan dalam jangka
waktu yang lebih lama dikhususkan untuk keperluan tertentu costumer seperti :
-
Prumy Child (memberikan perlindungan yang komprehensif mulai saat ia masih
dalam kandungan, dilahirkan, sampai ia dewasa kelak. mulai dari perlindungan
kesehatan, finansial, dan pendidikan.)
-
Tabungan Haji ( paket investasi dan proteksi yang berbasis syariah dan dikelola
secara syariah dibawah pengawasan dsn (dewan syariah nasional).)
-
Tabungan
Pendidikan (santunan uang gedung
(SD,SMP,SMA,kuliah) apabila orang tua mengalami sakit kritis/meninggal, maka tidak perlu
menyetor lagi tiap bulannya. sebagai gantinya prudential akan mengisikan
tabungan sampai anak berusia 25 th)
2.
Price
a. PRUlink Rupiah Indonesia
Greater China Equity Fund adalah
dana investasi dalam mata uang Rupiah.
b. PRUlink US Dollar Indonesia
Greater China Equity Fund adalah
dana investasi dalam mata uang US Dollar.
c. PRUlink Rupiah Managed Fund memaksimalkan
perkembangan dana jangka panjang melalui investasi dengan nilai Rupiah pada
obligasi, saham serta instrumen pasar uang lainnya.
d. PRUlink Rupiah Managed Fund plus memaksimalkan
perkembangan dana jangka panjang melalui investasi dengan nilai Rupiah pada
saham, obligasi serta instrumen pasar uang lainnya.
e. PRUlink USD Fixed Income
Fund memaksimalkan
perkembangan dana jangka panjang melalui investasi dengan nilai US Dollar pada
obligasi serta instrumen pasar uang lainnya.
f. PRUlink Rupiah Equity Fund bertujuan
memaksimalkan pendapatan jangka menengah dan panjang melalui investasi dalam
saham-saham Indonesia yang berkualitas dan terdaftar di Bursa Efek Jakarta.
g. PRUlink Rupiah Fixed Income
Fund bertujuan
untuk mendapatkan hasil investasi yang menarik melalui penempatan dana dalam
mata uang Rupiah melalui instrumen pendapatan tetap seperti obligasi dan
instrumen pasar uang lainnya.
h. PRUlink Rupiah Cash Fund bertujuan
untuk mendapatkan hasil investasi yang maksimal melalui penempatan dana dalam
mata uang Rupiah melalui instrumen pasar uang seperti deposito berjangka atau
SBI.
i.
PRUlink Syariah
Rupiah Managed Fund memaksimalkan
perkembangan dana jangka panjang melalui investasi dengan nilai Rupiah pada
obligasi syariah dan saham syariah.
j.
PRUlink Syariah
Rupiah Equity Fund bertujuan
memaksimalkan pendapatan jangka menengah dan panjang melalui investasi dalam
saham-saham syariah dan berkualitas yang tercatat di Bursa Efek Jakarta.
k. PRUlink Syariah Rupiah Cash & Bond Fund adalah
dana investasi jangka menengah dan panjang yang bertujuan untuk mendapatkan
hasil investasi yang optimal melalui penempatan dana dalam mata uang Rupiah
melalui instrumen-instrumen pasar uang syariah
3.
Place
Prudential insurance
terletak dibeberapa lokasi sebagai kantor cabang seperti
-
FP One - Bandung Jl. Veteran No. 21, Bandung
40112, Jawa Barat.
-
Freedom Team - Bandung Jl. Sunda No.
7C, Bandung – 40262.
Pada 31 Desember 2012, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di
Jakarta dan kantor pemasaran di Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, Batam dan
Semarang dengan 290 kantor keagenan (termasuk di Jakarta, Surabaya, Medan,
Bandung, Yogyakarta, Batam, dan Bali) di seluruh nusantara.
4.
Promotion
Strategi promosi yang dilakukan oleh Prudential
Insurance Indonesia tidak berbeda jauh dengan jenis promosi yang dilakukan oleh
perusahaan asuransi yang lainnya. Prudential Insurance melakukan promosi
tentang produk mereka melalui bentuk Above The Line dan Below The Line. Bentuk
dari periklanan ATL yaitu digunakan melalui media elektronik seperti pemasangan
iklan di stasiun TV dan juga majalah dan tabloid khusus untuk kesehatan. Selain
itu, penggunaan media online seperti situs, blog, facebook dan twitter juga
digunakan oleh prudential saat ini. Dalam bentuk Belom The Line, Prudential
juga menggunakan pengiriman sales sebagai bentuk pelayanan tambahan kepada
konsumen dan media promosi secara langsung melalui penggunaan brosur kepada
konsumen. Prudential juga melakukan promosi melalui direct marketing seperti
mengirimkan beberapa email marketing atau direct email kepada konsumen yang telah menjadi pelanggan Prudential untuk
diberikan informasi terbaru tentang prudential.
5.
People
Selain
misi dan kredo, hal lain yang dapat memberikan motivasi pada karyawan PT.
Prudential Life Assurance yaitu motivasi dan budaya perusahaan yang dimiliki.
Dalam hal motivasi, PT. Prudential Life Assurance memberikan insentif, bonus,
dan lain-lain kepada karyawan yang berprestasi, agar karyawan dapat menambah
performanya dalam bekerja.
PT.
Prudential Life Assurance juga memandang budaya perusahaan sebagai pola sikap,
keyakinan, asumsi dan harapan yang dimiliki bersama dan menjadi pegangan dan
pedoman dala.m melakukan interaksi antar karyawan dalam usaha mencapai sasaran
perusahaan
Budaya
organisasi PT. Prudential Life Assurance yang kuat ini dimaksudkan agar dapat
meningkatkan komunikasi dan rasa kekeluargaan dengan sesama karyawan. Dengan
komunikasi dan rasa kekeluargaan yang baik, maka karyawan akan dapat melayani
nasabah dengan baik dan dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya.
6.
Physical Evidence
Prudential Indonesia
menyediakan berbagai produk yang dirancang untuk memenuhi dan melengkapi setiap
kebutuhan para nasabahnya di Indonesia meliputi asuransi kesehatan, asuransi
pendidikan, asuransi income dan produk-produk lain yang senantiasa berkembang.
Prudential telah banyak meraih penghargaan-penghargaan sehingga membuat
konsumen memberikan nilai tambah terhadap
asuransi prudential. Mengapa harus memilih prudential karena selain
telah berusia 164 tahun, prudential merupakan perusahaan asuransi terbaik di
Indonesia. Di prudential anada dikelola oleh tangan ahli yang bengalama
sehingga memberikan masa depan yang lebih baik. Manfaat yang didapatkan oleh
konsumen ketika menjadi costumer Prudential yaitu mendapatkan perlindungan
(santunan) jika menjalani rawat inap di rumah sakit, operasi/pembedahan, cacat
tetap/sebagian, kondisi kritis (34 penyakit kanker, stoke, ginjal, koma dll)
dan meninggal dunia serta Investasi yang dilakukan konsumen dapat memenuhi biaya pendidikan anak,
kesejahteraan masa pensiun, naik haji,
jalan-jalan dan keperluan lain yang tidak bisa diduga.
7.
Process
Nasabah melakukan
registrasi, termasuk di dalamnya menyetujui isi kontrak. Kemudian nasabah akan
membayarkan sejumlah uang secara berkala kepada pihak asuransi. Jika tiba
saatnya dibutuhkan, maka asuransi akan melakukan pembayaran yang merupakan
klaim bagi nasabah. Asuransi baru akan memberikan klaim apabila nasabah
memenuhi persyaratan yang bisa membuat pihak asuransi memberikan klaim.
B.
Segmenting, Targeting, Positioning
1.
Segmenting
-
Geografis :
wilayah, ukuran wilayah, kepadatan Sampai saat sekarang, sulit menentukan
segmentasi yang dipilih Prudential secara geografis, faktor geografis tidak
dapat berdiri sendiri karena penggunaan produk asuransi lebih dapat
dikeompokkan berdasarkan kesadaran masyarakat itu sendiri sebagai konsumen.
Namun jika dihubungkan dengan tingkat pendidikan serta pendapatan seseorang,
pada umumnya pengguna asuransi adalah kalangan menengah ke atas dengan latar
pendidikan dan latar keluarga berpendidikan sarjana, tidak terlalu peduli
sebenarnya apakah mereka tinggal di desa atau kota. Tapi karena orang-orang
dengan latar pendidikan sarjana biasanya terpusat di kota, maka segmen yang
paling menguntungkan perusahaan asuransi Prudential untuk saat ini adalah
masyarakat perkotaan.
-
Demografis : umur, gender, besarnya
keluarga, agama, ras Secara demografis, Prudential dapat digunakan untuk
seluruh pembagian kriteria gender, besarnya keluarga, agama, dan ras. Sementara
untuk umur, mulai dari semenjak seseorang belum dilahirkan (dalam kandungan)
sampai maksimal usia 65 tahun. Ini dapat kita lihat dari salah satu produk
Prudential yaitu produk asuransi PRUuniversal life yang memiliki bagian PRUmy
child.
-
Psikologis :
tingkat sosial, gaya hidup, pendapatan, kepribadian Prudential lebih ditujukan
kepada masyarakat dengan tingkatan sosial, gaya hidup, serta pendapatan
menengah ke atas, yang peduli dengan jaminan diri keluarga, serta aset yang ia
miliki.
-
Perilaku : tingkat pemakaian, kesempatan
belanja, manfaat yang dicari Asuransi Prudential biasa digunakan oleh konsumen
karena manfaat yang ditawarkannya, dengan tingkat pemakaian yang tidak menentu,
dengan pembayaran normal sebulan sekali.
2.
Targeting
Prudential menggunakan strategi full market (pelayanan
penuh) yakni menciptakan berbagai produk untuk berbagai segmen pasar. Artinya
prudential menawarkan berbagai macam produk sesuai dengan segmen-segmen yang
telah ditentukan oleh prudential sehingga setiap konsumen sesuai dengan
kebutuhan yang berbeda juga akan mendapatkan pelayanan yang berbeda sesuai
dengan yang ditawarkan dan minat konsumen.
3.
Positioning
Always
Listening, Always Understanding memiliki makna bahwa perusahaan asuransi
Prudential merupakan perusahaan yang siap memahami situasi konsumen baik secara
dadakan ataupun yang sudah terbilang berkala. Ini juga dibuktikan dengan
ketersediaan berbagai produk sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh
konsumen dari terget pasar produk yang berbeda. Selain itu, positioning
Prudential dilakukan dengan penggunaan logo Prudential yang identik dengan warna merah, dimana merah
adalah warna yang paling menarik dan terkesan berani. Logo prudential yang
menggambarkan seseorang yang kepalanya diikat di bagian dahinya melambangkan
semangat, yang berarti prudential melayani konsumen dengan semangat dan
ketulusan.
4.
Differensiation
Perbedaan
Prudential dengan beberapa competitor perusahaan asuransi yang lainnya yang
terdapat di Indonesia yaitu Prudential Insurance lebih bervariasi didalam
pengelolahan produknya. Dimana produk yang ditawarkan lebih banyak dan dengan
jangka waktu yang lebih panjang. Hal tersebut menjadi salah satu daya tarik
konsumen untuk menggunakan Prudential sebagai pilihan asuransi mereka. Sebab
setiap konsumen dapat manaruh harapan asuransi mereka pada satu tempat dengan
berbagai jenis dan macam-macam tabungan. Misalnya seorang konsumen ingin
menabung untuk asuransi pendidikan anak, asuransi masa tua, asuransi kesehatan
dan keselamatan jiwa, tabungan haji, dan sebagainya dapat mereka lakukan secara
bersamaan di Prudential ini.
No comments:
Post a Comment