Friday, 6 January 2017

STRATEGI PEMASARAN PRUDENTIAL INSURANCE

A.    Marketing Mix Prudential Insurance
1.      Produk
a.      Proteksi merupakan produk asuransi yang ditawarkan khusus untuk penjagaan jaminan keselamatan dan jiwa yang dapat terbagi menjadi :
-          PRUuniversal Life ( Produk asuransi Prudential ini meliputi perlindungan asuransi jiwa dengan profil risiko investasi yang rendah dan memang dirancang bagi Anda dalam semua tahap kehidupan)
-          PRUlife Cover (Produk asuransi jiwa dari Asuransi Prudential yang memberikan perlindungan apabila meninggal dunia sebelum masa perlindungan dari PRUlife Cover habis.)
-          PRUprotector Plan (Produk asuransi jiwa dari Prudential yang berjangka waktu panjang. Merupakan kombinasi antara proteksi dan investasi yang menjamin Anda dan keluarga dari segala kemungkinan yang terjadi.)
-          PRUaccident Plus (Produk asuransi ini merupakan asuransi kecelakaan untuk perlindungan dari cacat total dan meninggal akibat kecelakaan.)
-          PRUhospital Care (Produk asuransi Prudential ini menjamin Anda apabila harus rawat inap di rumah sakit atau menjalani Perawatan di Unit Gawat Darurat dan operasi bedah.)
b.      Asuransi Terkait Investasi merupakan produk asuransi yang menyediakan layanan masyarakat untuk berinvestasi yang dikelolah dengan berbagai bentuk seperti :
-          PRUlink assurance account (Produk asuransi Prudential ini merupakan salah satu investasi yang unik karena ada fleksibilitas bagi Anda yang ingin menggunakan satu atau enam jenis produk Asuransi Prudential atau juga kombinasinya.)
-          PRUlink syariah assurance account (produk asuransi Prudential dalam bentuk investasi syariah. Hampir sama dengan PRUlink assurance account, Anda memiliki fleksibilitas untuk melakukan perubahan proteksi, investasi dan pembayaran sesuai dengan kebutuhan kita.)
-          PRUlink investor account (Produk unit link asuransi Prudential ini difokuskan kepada investasi untuk mengoptimalkan kebutuhan keuangan Anda dan keluarga di masa sekarang dan masa depan.)
-          PRUlink syariah investor account (Produk unit link asuransi Prudential ini merupakan produk asuransi terkait investasi yang sesuai dengan kaidah-kaidah Syariah. Anda pun memiliki fleksibilitas untuk melakukan penambahan investasi dan pilihannya.)
-          PRUlink fixed pay (produk unit link yang paling baru dari Asuransi Prudential yang menawarkan fleksibilitas sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidup Anda di setiap tahap kehidupan.)
-          Prulink Assurance Account (Produk asuransi jiwa yang digabungkan dengan investasi yang memberikan perlindungan asuransi jiwa sekaligus keuntungan berinvestasi dan juga telah dirancang untuk memberikan fleksibilitas dalam memenuhi kebutuhan dalam setiap tahapan kehidupan Anda.)
c.       Asuransi Tambahan merupakan produk asuransi yang disediakan untuk pelayanan dalam jangka waktu yang lebih lama dikhususkan untuk keperluan tertentu costumer seperti :
-          Prumy Child (memberikan perlindungan yang komprehensif mulai saat ia masih dalam kandungan, dilahirkan, sampai ia dewasa kelak. mulai dari perlindungan kesehatan, finansial, dan pendidikan.)
-          Tabungan Haji ( paket investasi dan proteksi yang berbasis syariah dan dikelola secara syariah dibawah pengawasan dsn (dewan syariah nasional).)
-          Tabungan Pendidikan (santunan uang gedung (SD,SMP,SMA,kuliah) apabila orang tua mengalami sakit kritis/meninggal, maka tidak perlu menyetor lagi tiap bulannya. sebagai gantinya prudential akan mengisikan tabungan sampai anak berusia 25 th)
2.      Price
a.       PRUlink Rupiah Indonesia Greater China  Equity Fund adalah dana investasi dalam mata uang Rupiah.
b.      PRUlink US Dollar Indonesia Greater China  Equity Fund adalah dana investasi dalam mata uang US Dollar.
c.       PRUlink Rupiah Managed Fund memaksimalkan perkembangan dana jangka panjang melalui investasi dengan nilai Rupiah pada obligasi, saham serta instrumen pasar uang lainnya.
d.      PRUlink Rupiah Managed Fund plus memaksimalkan perkembangan dana jangka panjang melalui investasi dengan nilai Rupiah pada saham, obligasi serta instrumen pasar uang lainnya.
e.       PRUlink USD Fixed Income Fund memaksimalkan perkembangan dana jangka panjang melalui investasi dengan nilai US Dollar pada obligasi serta instrumen pasar uang lainnya.
f.       PRUlink Rupiah Equity Fund bertujuan memaksimalkan pendapatan jangka menengah dan panjang melalui investasi dalam saham-saham Indonesia yang berkualitas dan terdaftar di Bursa Efek Jakarta.
g.      PRUlink Rupiah Fixed Income Fund bertujuan untuk mendapatkan hasil investasi yang menarik melalui penempatan dana dalam mata uang Rupiah melalui instrumen pendapatan tetap seperti obligasi dan instrumen pasar uang lainnya.
h.      PRUlink Rupiah Cash Fund bertujuan untuk mendapatkan hasil investasi yang maksimal melalui penempatan dana dalam mata uang Rupiah melalui instrumen pasar uang seperti deposito berjangka atau SBI.
i.        PRUlink Syariah Rupiah Managed Fund memaksimalkan perkembangan dana jangka panjang melalui investasi dengan nilai Rupiah pada obligasi syariah dan saham syariah.
j.        PRUlink Syariah Rupiah Equity Fund bertujuan memaksimalkan pendapatan jangka menengah dan panjang melalui investasi dalam saham-saham syariah dan berkualitas yang tercatat di Bursa Efek Jakarta.
k.      PRUlink Syariah Rupiah Cash & Bond Fund adalah dana investasi jangka menengah dan panjang yang bertujuan untuk mendapatkan hasil investasi yang optimal melalui penempatan dana dalam mata uang Rupiah melalui instrumen-instrumen pasar uang syariah

3.      Place
Prudential insurance terletak dibeberapa lokasi sebagai kantor cabang seperti
-          FP One - Bandung Jl. Veteran No. 21,  Bandung 40112, Jawa Barat.
-          Freedom Team - Bandung  Jl. Sunda No. 7C,  Bandung – 40262.
Pada 31 Desember 2012, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dan kantor pemasaran di Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, Batam dan Semarang dengan 290 kantor keagenan (termasuk di Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Yogyakarta, Batam, dan Bali) di seluruh nusantara.
4.      Promotion
Strategi promosi yang dilakukan oleh Prudential Insurance Indonesia tidak berbeda jauh dengan jenis promosi yang dilakukan oleh perusahaan asuransi yang lainnya. Prudential Insurance melakukan promosi tentang produk mereka melalui bentuk Above The Line dan Below The Line. Bentuk dari periklanan ATL yaitu digunakan melalui media elektronik seperti pemasangan iklan di stasiun TV dan juga majalah dan tabloid khusus untuk kesehatan. Selain itu, penggunaan media online seperti situs, blog, facebook dan twitter juga digunakan oleh prudential saat ini. Dalam bentuk Belom The Line, Prudential juga menggunakan pengiriman sales sebagai bentuk pelayanan tambahan kepada konsumen dan media promosi secara langsung melalui penggunaan brosur kepada konsumen. Prudential juga melakukan promosi melalui direct marketing seperti mengirimkan beberapa email marketing atau direct email kepada konsumen  yang telah menjadi pelanggan Prudential untuk diberikan informasi terbaru tentang prudential.
5.      People
Selain misi dan kredo, hal lain yang dapat memberikan motivasi pada karyawan PT. Prudential Life Assurance yaitu motivasi dan budaya perusahaan yang dimiliki. Dalam hal motivasi, PT. Prudential Life Assurance memberikan insentif, bonus, dan lain-lain kepada karyawan yang berprestasi, agar karyawan dapat menambah performanya dalam bekerja.
PT. Prudential Life Assurance juga memandang budaya perusahaan sebagai pola sikap, keyakinan, asumsi dan harapan yang dimiliki bersama dan menjadi pegangan dan pedoman dala.m melakukan interaksi antar karyawan dalam usaha mencapai sasaran perusahaan
Budaya organisasi PT. Prudential Life Assurance yang kuat ini dimaksudkan agar dapat meningkatkan komunikasi dan rasa kekeluargaan dengan sesama karyawan. Dengan komunikasi dan rasa kekeluargaan yang baik, maka karyawan akan dapat melayani nasabah dengan baik dan dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya.
6.      Physical Evidence
Prudential Indonesia menyediakan berbagai produk yang dirancang untuk memenuhi dan melengkapi setiap kebutuhan para nasabahnya di Indonesia meliputi asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi income dan produk-produk lain yang senantiasa berkembang. Prudential telah banyak meraih penghargaan-penghargaan sehingga membuat konsumen memberikan nilai tambah terhadap  asuransi prudential. Mengapa harus memilih prudential karena selain telah berusia 164 tahun, prudential merupakan perusahaan asuransi terbaik di Indonesia. Di prudential anada dikelola oleh tangan ahli yang bengalama sehingga memberikan masa depan yang lebih baik. Manfaat yang didapatkan oleh konsumen ketika menjadi costumer Prudential yaitu mendapatkan perlindungan (santunan) jika menjalani rawat inap di rumah sakit, operasi/pembedahan, cacat tetap/sebagian, kondisi kritis (34 penyakit kanker, stoke, ginjal, koma dll) dan meninggal dunia serta Investasi yang dilakukan konsumen  dapat memenuhi biaya pendidikan anak, kesejahteraan masa pensiun, naik haji,  jalan-jalan dan keperluan lain yang tidak bisa diduga.
7.      Process
Nasabah melakukan registrasi, termasuk di dalamnya menyetujui isi kontrak. Kemudian nasabah akan membayarkan sejumlah uang secara berkala kepada pihak asuransi. Jika tiba saatnya dibutuhkan, maka asuransi akan melakukan pembayaran yang merupakan klaim bagi nasabah. Asuransi baru akan memberikan klaim apabila nasabah memenuhi persyaratan yang bisa membuat pihak asuransi memberikan klaim.
B.     Segmenting, Targeting, Positioning
1.      Segmenting
-          Geografis  : wilayah, ukuran wilayah, kepadatan Sampai saat sekarang, sulit menentukan segmentasi yang dipilih Prudential secara geografis, faktor geografis tidak dapat berdiri sendiri karena penggunaan produk asuransi lebih dapat dikeompokkan berdasarkan kesadaran masyarakat itu sendiri sebagai konsumen. Namun jika dihubungkan dengan tingkat pendidikan serta pendapatan seseorang, pada umumnya pengguna asuransi adalah kalangan menengah ke atas dengan latar pendidikan dan latar keluarga berpendidikan sarjana, tidak terlalu peduli sebenarnya apakah mereka tinggal di desa atau kota. Tapi karena orang-orang dengan latar pendidikan sarjana biasanya terpusat di kota, maka segmen yang paling menguntungkan perusahaan asuransi Prudential untuk saat ini adalah masyarakat perkotaan.
-          Demografis : umur, gender, besarnya keluarga, agama, ras Secara demografis, Prudential dapat digunakan untuk seluruh pembagian kriteria gender, besarnya keluarga, agama, dan ras. Sementara untuk umur, mulai dari semenjak seseorang belum dilahirkan (dalam kandungan) sampai maksimal usia 65 tahun. Ini dapat kita lihat dari salah satu produk Prudential yaitu produk asuransi PRUuniversal life yang memiliki bagian PRUmy child.
-          Psikologis  : tingkat sosial, gaya hidup, pendapatan, kepribadian Prudential lebih ditujukan kepada masyarakat dengan tingkatan sosial, gaya hidup, serta pendapatan menengah ke atas, yang peduli dengan jaminan diri keluarga, serta aset yang ia miliki.
-          Perilaku : tingkat pemakaian, kesempatan belanja, manfaat yang dicari Asuransi Prudential biasa digunakan oleh konsumen karena manfaat yang ditawarkannya, dengan tingkat pemakaian yang tidak menentu, dengan pembayaran normal sebulan sekali.

2.      Targeting
Prudential menggunakan strategi full market (pelayanan penuh) yakni menciptakan berbagai produk untuk berbagai segmen pasar. Artinya prudential menawarkan berbagai macam produk sesuai dengan segmen-segmen yang telah ditentukan oleh prudential sehingga setiap konsumen sesuai dengan kebutuhan yang berbeda juga akan mendapatkan pelayanan yang berbeda sesuai dengan yang ditawarkan dan minat konsumen.
3.      Positioning
Always Listening, Always Understanding memiliki makna bahwa perusahaan asuransi Prudential merupakan perusahaan yang siap memahami situasi konsumen baik secara dadakan ataupun yang sudah terbilang berkala. Ini juga dibuktikan dengan ketersediaan berbagai produk sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh konsumen dari terget pasar produk yang berbeda. Selain itu, positioning Prudential dilakukan dengan penggunaan logo Prudential  yang identik dengan warna merah, dimana merah adalah warna yang paling menarik dan terkesan berani. Logo prudential yang menggambarkan seseorang yang kepalanya diikat di bagian dahinya melambangkan semangat, yang berarti prudential melayani konsumen dengan semangat dan ketulusan.
4.      Differensiation
Perbedaan Prudential dengan beberapa competitor perusahaan asuransi yang lainnya yang terdapat di Indonesia yaitu Prudential Insurance lebih bervariasi didalam pengelolahan produknya. Dimana produk yang ditawarkan lebih banyak dan dengan jangka waktu yang lebih panjang. Hal tersebut menjadi salah satu daya tarik konsumen untuk menggunakan Prudential sebagai pilihan asuransi mereka. Sebab setiap konsumen dapat manaruh harapan asuransi mereka pada satu tempat dengan berbagai jenis dan macam-macam tabungan. Misalnya seorang konsumen ingin menabung untuk asuransi pendidikan anak, asuransi masa tua, asuransi kesehatan dan keselamatan jiwa, tabungan haji, dan sebagainya dapat mereka lakukan secara bersamaan di Prudential ini.

No comments:

Post a Comment

Tahun yang Menantang dan Penuh Perjuangan

 30 Desember 2020, Seperti tahun sebelumnya, ku sempatkan menulis cerita singkat mengenai perjalanan hidupku sepanjang tahun tersebut. Tahun...